banner 728x250

Agata Ome: Gelorakan Emansipasi Wanita

banner 120x600

Kupang, PijarNTT

Emansipasi wanita  menjadi semangat kaum hawa dalam berbagai bidang kehidupan. Bidang politik misalnya  emansipasi wanita terwujud  dalam  pengambilan   keputusan dalam kehidupan berumah tangga.   

“Jika dalam kehidupan berumahtangga antara suami dan istri perempuan memberikan pertimbangan bagi setiap keputusan maka saatnya, kaum perempuan menggelorakan emansipasi itu dalam bidang  kehidupan yang lebih luas untuk kesejahteraan sesama,” ujar Agata Ome, S.E saat berbincang-bincang dengan pijarNTT dikediamannya, Senin, 15/1/ 2024.

Bersama  pemilih saat sosialisasi diri.
Agata Ome (paling kanan) diantara sesama calon legislatif .                                                            

Agata Ome adalah calon anggota legislatif dari partai Gelora untuk Dapil Kecamatan Alak. Dia didapuk menempati urut  2 dari partai Gelora .  Ketua organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) tingkat Paroki St. Gregorius Agung Oeleta ini, telah lama menyimpan asa untuk menjadi saluran   berkat bagi sesama.   “Hati seorang ibu tentunya tak tega mendengar dan menyaksikan sesama yang mengeluh tentang kondisi kekurangan dalam rumah tangganya,”  pinta Ome dengan mata berlinang air mata.

Benih-benih kepedulian telah ditaburkan melalui   WKRI Paroki St. Gregorius Agung Oeleta dengan mendirikan koperasi simpan pinjam.  Kendati ruang lingkupnya masih terbatas, Ome akui   menjadi cikal bakal untuk menjangkau sasaran yang lebih luas di luar umat Katolik.

Konon, keputusan  untuk  menjadi calon legislatif datang dari berbagai elemen masyarakat. Masa-masa menjelang pensiun dia ditawari oleh beberapa partai antara lain Golkar, PSI dan masih ada lagi partai lain yang lupa karena kesibukan dalam sosialisasi diri bersama Partai Gelora.  Keputusan bertarung melalui partai Gelora justru datang dari seorang pemuda yang berasal dari Paroki Sta Maria Asumpta, Kota Baru  Kupang.

Kegiatan WKRI Paroki St. Gregorius Agung Oeleta . Layak diberi kesempatan untuk melayani diluar Gereja Katolik 

“Masih msiteri bagi   apa kehebatan saya sehingga ditawari oleh partai politik untuk menjadi calon legislatif,”ujar Ome pensiunan dari kantor penanaman modal daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur .

Sebagai orang beriman diakuinya  Tuhan menentukan   kehidupan manusia dan seringkali Tuhan menggunakan orang lain sebagai pewarta rencanaNya kepada manusia. Memutuskan maju menjadi calon legislatif melalui parta Gelora adalah cara Tuhan untuk menjadikan hambaNya ini penyalur berkat bagi sesama. “Setelah menerima tawaran partai Gelora saya tidak mengalami kesulitan berari dalam  mengurus berbagai perlengkapan adminsitrasi yang dibutuhkan,” ujarnya bernostalgia.

Ome yang berkarakter luwes dan penuh dengan kebajikan ini,   mengakui bahwa dirinya tidak berniat untuk meraih kekuasaan dengan cara-cara yang tidak halal. Harga diri manusia dengan segala keputusan moralnya tidak bisa digadai dengan materi dalam bentuk apapun.  “Saya berkewajiban memberitahukan rencana Tuhan ini kepada saya demi kaum perempuan di Kota Kupang umumnya   dan Kecamatan Alak khususnya,”  ujar Ome  . (PijarNTT/ Philipus)

MEMILIH   MENGGUNAKAN HATI NURANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *