banner 728x250

Apolos Hirang : Membangun Citra Politik Yang   Rasional

Pijar NTT
banner 120x600

Kupang, PijarNTT

APOLIS HIRANG CALEG DPRD KOTA KUPANG DAPIL 4 KECAMATAN ALAK

Pemilih terdiri dari dua bagian besar yakni pemilih tradisional dan rasional. Keduanya bertumbuh dan berkembang seiring,  sesuai dengan  situasi dan kondisi daerah tertentu.

“Saya  tidak memiliki tim sukses  karena bagi saya   mereka yang   menyambut kehadiran saya dalam berbagai kesempatan,” ujar Apolos Hirang  calon anggota DPRD Kota Kupang nomor urut 1 Partai Amanat Nasional dari Dapil 4 Kecamatan Alak , saat ditemui PijarNTT dikediamannya, Rabu ( 24/1).

Pemuda kelahiran  pulau Kenari yang hidup dan menetap di Kota Kupang sejak pendidikan dasar ini  mengaku  paham benar situasi dan kondisi Kota Kupang. Kota Kupang yang menjadi pusat administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur sesungguhnya dihuni oleh sebagian besar kaum intelektual.  Kondisi ini memungkinkan membangun  citra politik yang rasional di Kota Kupang  tidak susah. Politik itu merupakan sebuah sarana   untuk mencapai tujuan tertentu yang bermanfaat bagi banyak orang.

“Antara politikus dan konstituen harus memiliki kesepahaman tentang arah perubahan yang dikehendaki bersama,” ujar Hirang alumni SMA Negeri 8 Kota Kupang.

Dalam pergerakanya setelah ditetapkan menjadi calon legislatif dari Partai Amanat Nasional Dapil 4  Kota Kupang Apolos lebih suka melakukan kunjungan dari rumah ke rumah.  Kunjungan itu katanya lebih efektif karena adanya  komunikasi yang saling menghargai satu sama lain. Saat berjumpa dengan pemilih tentunya memiliki konsekuensi diterima dan ditolak. Tetapi dia mengaku lebih banyak diterima oleh pemilih karena  cara pendekatan yang dilakukan lebih manusiawi.

“Selama kunjungan saya  mereka menerima saya apa adanya,” ujar Apolos seraya menambahkan  pemilih itu harus dihargai sebagai manusia bukan barang yang harus dibeli untuk kepentingan saya,” kata anak ketiga dari 4 bersaudara ini.

Apolos yakin bahwa strateginya saat ini cukup efektif untuk menghantarnya ke gedung DPRD Kota Kupang.  Walaupun tak memilki basis yang dibentuk oleh karena faktor keluarga  atau sesama asal Alor di Kecamatan Alak tetapi dia tetap optimis bahwa caranya efektif meningkatkan elektabilitas.

Pengurus DPP Partai Amanat Nasional dan para kader mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis tentang hukum

Konon katanya dia terjun dalam dunia politik dan diberi mandat oleh partai untuk menjadi pengurus cabang Kecamatan Alak merupakan suatu berkat yang Tuhan curahkan atas dirinya.  Dengan cara demikian Tuhan memiliki rencana tertentu untuk kehidupannya.

“Waktu itu saya di Ambon dan dipanggil pulang oleh saudara  untuk masuk dalam Partai Amanat Nasional,” ujarnya mengisahkan.

Kini selain mengurus partai politik sebagai Ketua DPC PAN Kecamatan Alak, Apolos juga  dipercayakan menjadi ketua pemuda dalam badan pengurus kepemudaan Moria kota  Nyonya periode 2024-2028.  Kepercayaan yang diberikan oleh gereja sesungguhnya menjadi bukti pengabdiannya pada Gereja sebagai panggilan umat Tuhan. ”Kepercayaan ini bukan karena memiliki kepentingan dalam bidang politik tetapi benar-benar kepercayaan karena telah berdedikasi tanpa pamrih membangun pemuda yang tangguh,” tegas  Apolos. *** Pijar/ Phillipus

AYO PILIH

                 APOLOS HIRANG

 MEMBAWA SEMANGAT GENERASI MUDA  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *