banner 728x250

 Deskripsi Karakter Siswa Kelas XII SMA Negeri 12 Kota Kupang  Jadi Panduan Bagi Anak dan Orangtua

Pijar NTT
banner 120x600

Kupang, PijarNTT

Salah memilih jurusan pada perguruan tinggi akan menjadi malapetaka dan mendatangkan penyesalan kemudian hari.   Pemetaan karakter siswa kelas XII SMA Negeri 12 yang dilakukan oleh Jurnal Ilmiah Pedagogik mendapat tanggapan positif dari orangtua siswa karena   menjadi panduan bagi anak dan orangtua dalam menentukan  porgram studi pada  pendidikan tinggi  .

Bernadete Beto Maran, orangtua dari Aplonaria Confrida Manehat  ketika ditemui dikediamannya mengaku menerima deksripsi pemetaan karakter anaknya pada saat pertemuan dengan kepala sekolah SMA 12, Sabtu, 2 Maret 2024. Saat itu, katanya kepala sekolah Yusak D.A Suni, M.Pd menjelaskan tentang karakter setiap siswa . Untuk meyakinkan orangtua saat itu, guru SMA 12 Kota Kupang yang mendampingi kepala sekolah melakukan pemetaan karakter orangtua tua yang hadir .  “Apa yang dilakukan kepada orangtua saat itu sangat benar,” kata Bernadete .

Siswa kelas XII MIPA 1 dan 2 sedang mendengarkan penjelasan tentang karakternya.

Dari deskripsi tentang karakter anaknya,  Firda  yang disusun oleh Jurnal Ilmiah Pedagogik,   Bernadete mengaku sangat benar. Dari pengamatannya selama ini,   anaknya adalah tipe pendiam dan tidak boleh dikasari. “ Deskripsi yang diberikan sangat  benar dan membantu orangtua dalam pendekatan terhadap anaknya di rumah, “ ujar Bernadete.

Bernadete Beto Maran orangtua dari Aplonaria Confrida Manehat

Bernadete menambahkan saran yang diberikan kepada anaknya Firda diyakini akan memberikan keberuntungan bagi anaknya setelah tamat dari perguruan tinggi.  “ Saran tersebutmenjadi panduan bagi orangtua untuk anak saya Firda,” pinta Bernadete.

Senada dengan Bernadete Sepriana Bria Tosi, orangtua dari Maria Indiana Bria Seran siswa kelas XII IPS mengaku anaknya tertawa terpingkal-pingkal ketika membaca deskripsi tentang kepribadiannya. Keunggulan dan kelemahan yang ditulis oleh Jurnal Ilmiah Pedagogik sangat sesuai dengan kepribadiannya.

“Deskripsi ini sangat membantu kami anak saya untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kakarternya,” ujar Sepriana.

Namun, Sepriana   mengaku  tentang  program studi lanjutan program bagi Indiana setelah tamat SMA, masih dihadapkan dengan kendala keuangan . Dalam deskripsi yang diterimanya dari sekolah, Indiana disarankan lanjut ke perguruan tinggi pada teknik infromatika, Bimbingan Konseling, namun terbentur dengan masalah biaya pendidikan anak-anak yang lainnya .

Siswa kelas XII IPS

“Indi sudah melingkar pada saran lanjut ke Teknik Informatika, tetapi kami masih membiayai anak-anak lain yang masih kuliah,” ujar Sepriana.                                                                        Pada Jumat, 1 Maret 2023 , Jurnal Ilmah Pedagogik menjelaskan tentang karakter peserta didik SMA Negeri 12 Kota Kupang dihadapan 62 orang siswa dan guru .  Penjelasan dimulai dari kelas MIPA 1 dan 2 yang memakan waktu selama 30 menit. Setelah itu dilanjutkan, dengan penjelasan karakter bagi siswa kelas XII IPS.

Kepala sekolah SMA Negeri 12 Kota Kupang, Yusak D.A Suni yang turut memantau penjelasan karakter siswa kelas XII MIPA mengajukan pertanyaan kepada siswa kelas XII MIPA. “Apakah materi yang disampaikan oleh Jurnal Ilmiah pedagogik benar dan sesuai dengan karakter kalian  ? Saat ditanya demikian anak-anak serempak menjawab,” benar pak.

Siswa kelas XII MIPA dan 2

Pada Sabtu, 2 Maret 2024 deskripsi setiap peserta didik dibagikan kepada orangtua murid.   Kepala sekolah SMA Negeri 12  mengaku penjelasan setiap peserta didik menjadi panduan  bagi anak-anak dan orangtua . “Ini sangat detail dan pantas menjadi pedoman bagi anak-anak dan orangtua dalam melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi,” ujar Suni .

Jurnal Ilmiah pedagogik menekuni teori numerologi yang dikemukana oleh Filsuf Pytagoras. Basis data dasarnya adalah tanggal lahir setiap peserta didik. Akumulasi tanggal lahir, bulan dan tahun akan menghasilkan angka yang  merupakan dasar deskrispi karakter seseorang.

Pemetaan karakter dengan teori Numerologi memiliki implikasi yang sangat luas baik dalam kehidupan berumahtangga, maupun dalam merencanakn usaha. “Setiap orang memiliki keperibadian yang berbeda dengan orang lain karena tanggal lahir yang berbeda,” ujar Philipus Mat dihadapan guru SMA Negeri 12 Kota Kupang, Jumat (1/3) *** PIJARNTT/ LIP.)


JIKA SEKOLAH ANDA, KELUARGA ANDA INGIN MENGETAHUI KARAKTER PESERTA DIDIK, ANAK, SUAMI ATAU ISTRI

SILAHKAN KONTAK JURNAL ILMIAH PEDAGOGIK

HP 082144036139,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *