banner 728x250

Elisabeth Liu, S.Sos, SH.,MH; SANG PROMOTOR YANG DATANG UNTUK MENANG

Pijar NTT
banner 120x600

Bicaranya lugas dan memahami benar apa yang dikatakannya.  Tatapan matanya memancarkan aura kepemimpinan yang berkarisma diiringi tekad “Datang Untuk Menggapai Kesuksesan”.

Sosok wanita yang menjunjung tinggi kejujuran ini biasa disapa Elsa.  Dia   energik dan pantas jika pernah menjadi seorang Promotor Tinju pada tahun 2019, bahkan mendapatkan Penghargaan sebagai Promotor Tinju Wanita  Pertama di Indonesia Yang Mencetak Juara Dunia Tinju.

ELISABETH LIU, Sos, SH, MH CALEG NOMOR 6 PARTAI GOLKAR DAPIL TTU, BELU DAN MALAKA

Mendengar kisah seorang perempuan menjadi Promotor Tinju tentunya bagi sebagian masyarakat NTT merasa heran.

Tapi ini adalah bentuk perjuangan Elsa unutk menunjukkan kepada  dunia luar bahwa   Perempuan NTT tak bisa dipandang sebelah mata, dan mampu  berprestasi ditingkat  Nasional maupun Internasional. Motivasi dasarnya adalah ingin mengubah konotasi negatif terhadap pemuda NTT  yang disebut   keras, kasar. Padahal ini merupakan potensi yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi seraya   mengharumkan nama NTT   misalnya tinju dan olahraga lainnya.

Partai Golkar khususnya DPD NTT memandang  Elsa sebagai perempuan unik yang layak dilirik untuk memperjuangkan dan mengembangkan bakat-bakat pemuda NTT yang terpendam pada dunia olahraga. Elsa pun didapuk menjadi salah satu “Kartini” yang siap memperjuangkan aspirasi   masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka.

Wanita kelahiran 43 tahun silam ini menempati nomor  urut 6 dalam pencalonan anggota legislatif dari partai Golkar untuk  Dapil NTT 7 yang mencakup Kabupaten Malaka, Belu dan Timor Tengah Utara.

Menyimak  bincang-bincang santai bersama Elsa, kesan yang paling mendalam adalah   memahami  permasalahan di daerah pemilihannya yaitu Timor Tengah Utara, Belu dan Malaka serta mampu memperjuangkannya   sebagai wakil rakyat .

Dia membedah soal pendidikan. menurutnya   dunia pendidikan baik masih menjadi PR yang sangat besar bagi  semua komponen. Suatu ketika,  dia pernah melakukan sayembara sederhana pada anak-anak yang orang tuanya pekerja bangunan. Elsa meminta anak-anak untuk menuliskan cerita tentang apapun.

“Saya meminta anak-anak untuk menuliskan sesuatu dan akan diberikan hadiah bagi yang menulis dengan baik,” ujarnya berkisah  .

Sayangnya, ketika anak-anak diminta untuk membaca kembali tulisannya sendiri, ada siswa kelas IV SD yang belum bisa membaca. Ini merupakan potret buram wajah pendidikan di Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur, yang kualitasnya masih jauh dari memadai.

Bidang Ekonomi, khususnya UMKM, produk masyarakat NTT seperti Tenun dan Makanan Lokal semestinya dapat memberikan sumbangan bagi pendapatan keluarga. Namun terdapat kendala dalam menjual produk-produk tersebut karena adanya keterbatasan pasar.

“Kreativitas kaum ibu di Malaka, Belu dan Timor Tengah Utara dalam hal menenun patut diberi apresiasi. Setidaknya, aktivitas home industri itu telah membantu peningkatan pendapatan keluarga,”ujar Elsa seraya menambahkan yang perlu diperjuangkan adalah kualitas dan perluasan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.

Karya sosial pada yayasan Fahiluka Surya Pertiwi. Foto : Dok

 

Merenda cinta merajut asa didorong oleh rasa kepedulian terhadap apa yang dialami oleh orang lain menjadi semangat dalam pelayanan kemanusiaan dibawah naungan Yayasan Fahiluka Surya Pertiwi. Mengetuk pintu hati para donatur yang memberi dengan iklas dilakukannya demi mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat yang kurang mampu. Deretan kegiatan pemberian bantuan antara lain bantuan bencana alam banjir di Malaka,  bantuan sembako bagi masyarakat saat wabah Covid 19 sampai membangun jamban sehat bagi masyarakat.

Dari promotor tinju sampai memberikan bantuan sosial bagi masyarakat dan segudang aktivitas sosial lainnya maka Elsa layak dijuluki perempuan berhati mulia yang tak tertawa  ketika melihat sesama sengsara. Keraguan  tidak pada tempatnya jika tidak menjatuhkan pilihan pada  perempuan yang satu ini.  Lipus/ Pijar NTT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *