banner 728x250

Koor Etnis  Iringi   Perayaan Natal di Paroki   Oeleta

Pijar NTT
banner 120x600

Kupang, Pijar NTT

Nyanyian  para malaikat menyambut kelahiran sang juru selamat  digemakan oleh paduan suara  etnis Flores dan etnis Ende dalam   perayaan ekaristi malam Natal (24/12) dan hari Natal (25/12) di Paroki St. Gregorius Agung Oeleta, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur . Selain mendendangkan lagu-lagu kegembiraan tarian daerah menambah  kusuknya perayaan ekaristi hari lahir Juru selamat dunia.

Pantauan Pijar NTT pada malam Natal etnis Flores  yang terdiri dari umat yang berasal dari Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Sikka, Flores  Timur dan Lembata mengenakan pakaian adat daerahnya  masing-masing.  Anggota koor yang berjumlah sekitar 50 orang tersebut berdomisili pada beberapa wilayah Kelompok Umat Basis (KUB) di Paroki St. Gregroius Agung Oeleta.

 

Disela-sela menyanyikan lagu-lagu berbahasa Indonesia, lagu pengiring  berbahasa Ngada.   mengiringi para penari jai yang terdiri dari dua orang laki-laki dna 4 orang perempuan. Para penari mengenakan pakaian adat Ngada.

Sementara itu, pada perayaan ekaristi hari Natal (25/12 ) etnis Ende  tampil begitu memukau . Pada lagu pembukaan imam bersama ajuda dan lektor serta pemazmur diantar oleh penari menuju ke altar. Demikian pun pada lagu persembahan paduan suara menyanyikan lagu berbahasa Ende yang mengiringi penari mengantar persembahan.

Penari dari etnis Ende

Dalam kotbahnya RD Jefry Nome, Pr yang memimpin perayaan ekaristi malam Natal mengatakan, kado  Natal bagi Tuhan adalah damai di bumi bagi setiap orang yang berkenan kepadanya. “Inilah kado untuk Tuhan dan kita dituntut untuk hidup damai dengan diri sendiri,” tandas Romo Jefry.

Sementara itu, pada perayaan hari Natal (25/12) RD, Adrianus Dimu, Pr dalam kotbahnya menandaskan  perbedaan itu adalah modal keindahan. Kedatangan Yesus Kristus yang kita rayakan dalam peristiwa   Natal mewartakan sukacita bagi semua umat.  Pijar NTT/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *