banner 728x250

Mimpi Masyarakat Manggarai Timur Terwujud

banner 120x600

Kupang, PijarNTT

Sedih dan gembira sedang bergelayut dalam hati sebagian masyarakat Manggarai Timur menyusul hasil pemilu pada 14 Pebruari 2024. Di sisi lain patutlah bersyukur karena mimpi masyarakat   Manggarai Timur menjadi kenyataan setelah  Sekda,  Ir. Boni Hasudungan dilantik  menjadi penjabat Bupati Manggarai Timur selama kurang lebih 1 tahun ke depan.

“saya terharu mendengar kabar bahwa saya dipercayakan menjadi penjabat Bupati Manggarai Timur, “ ujar Penjabat Bupati Manggarau Timur saat  berbincang   dengan pijar NTT di Kupang,Sabtu,17 /2/2024.

Perjalanan karir mantan Sekda Manggarai Timur cukup pannjang. Dia pernah mengabdi di Timor Leste lalu pindah ke Kabupaten Manggaarai sejak Timor Leste memilih pisah dari Indonesia. Dari Kabupaten Manggarai ia meminta untuk pindah ke Manggarai Timur saat Manggarai Timur dipimpin oleh Drs Yoseph Tote. “Saya meminta untuk pindah ke Manggarai Timur sejak tahun 2009,” ujarnya berkisah.

Boni mengaku dirinya mudah berdaptasi dengan lingkungan kerja yang baru dan bahkan mampu menciptakan susana kerja yang diselimut rasa kekeluargaan. Dia terharu ketika mendengar kabar  dipercayakan Mendagri untuk menjadi penjabat Manggarai Timur. Baginya setiap jabatan yang dipercayakan merupakan amanah dan diyakini merupakan jabatan puncak yang harus diwujudkan dengan kinerja yang maksimal.

“Saya meminta dukungan dari teman-teman kerja dan masyarakat Manggarai Timur terhadap kepercayaan ini,” pinta Bony seraya menambahkan salah satu tugas yang sedang menanti adalah menyukseskan pelaksanaan Pemilukada serentak pada bulan November mendatang.

Boni akui,  tahun 2024 adalah tahun politik yang mengingatkan  netralitas aparatur sipil negara .  Strategi yang dia lakukan adalah dengan menunjukkan teladan bukan secara verbal menghimbau aparatur sipil negara untuk tidak terlibat dalam politik praktis.

“Lebih efektif menunjukkan sikap netral daripada mengucapkan kata-kata untuk menghimbau para ASN agar tidak berpihak pada siapapun dalam pemilukada,” kata Boni

Penjabat menurut Boni bisa melakukan mutasi jabatan para ASN tetapi harus meminta ijin kepada Kementerian Dalam Negeri. Dia mengutip pengalaman beberapa daerah di  Provinsi Nusa Tenggara Timur yang melakukan mutasi jabatan setelah mengantongi ijin dari kementerian dalam negeri.

Disnggung tentang figur penjabat Sekretaris Daerah yang menggantikan dirinya Bony enggan berkomentar. Dia mengaku harus memiliki petunjuk  dari pemerintah provinsi   Nusa Tenggara Timur tentang penjabat Sekretaris Daerah.

Menjadi penjabat di Manggarai Timur yang berpenduduk kurang lebih 279 jiwa ini dia berjanji untuk menuntaskan APBD 2024 yang telah disahkan.  Besarnya APBD Manggarai Timur tahun 2024 berkisar 1, 2 triliun  dan dia bertekad meningkatkan kinerja pemerintah agar mendapatkan dana insentif kinerja dari pemerintah pusat.

“Targetnya bahwa menjelang Pemilukada bulan November 2024 penerapan APBD mencapai 80 % lebih,” ujar Boni.***PijarNtt / Philipus ,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *