banner 728x250

Tamat SD   Karena Pendekatan   Berbasis Numerologi    

banner 120x600

Kupang,PijarNTT

Dampak positif  pendekatan numerologi dalam memahami   karakter peserta didik semakin meluas.  Buktinya pendekatan numerologi membuat siswa SDK Boba Menge, Kecamatan Soa , Kabupaten Ngada menyelesaikan pendidikan dasarnya.

Yohana Odje , Guru SDK Boba Menge, Kabupaten Ngada mengisahkan    pada tahun pelajaran 2022/2023  seorang siswa kelas VI tidak masuk sekolah sejak tahun pelajaran dimulai.  . Upaya menghadirkan siswa tersebut ke sekolah dilakukan oleh berbagai pihak termasuk komite sekolah. Namun hingga bulan September  2022 anak tersebut tidak kunjung  ke sekolah.

Tanggungjawab sebagai guru kelas VI, Yohana  yang pernah mengikuti kegiatan bimbingan teknis pemetaan karakter yang diselenggarakan oleh Jurnal Ilmiah Pedagogik ini melakukan pemetaan karakter peserta didik , Kaprasius Siba,  Setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan yang menjadi karakter dasar Siba, Yohana pun berkonsultasi dengan Jurnal Ilmiah Pedagogik  tentang langkah-langkah pendekatannya.

Guru Kelas VI SDK Boba Menge bersama anak-anak menuju ke rumah siswa yang belum masuk Sekolah sejak bulan JuliSaya belum terlalu yakin dengan pengetahuan yang kumiliki dari hasil bimbngan teknis  sehingga saya perlu mendengar masukan dari Jurnal ilmiah pedagogik ,” ujar Yohana yang dihubungi via telp seluler dari Kupang.

Saat itu, Jurnal Ilmiah pedagogik menyarankan untuk mengunjungi Siba di kediamannya bersama dengan anak-anak kelas VI yang lainnya. Anak-anak yang diikutsertakan saat itu haruslah anak-anak yang memiliki karakter berlawanan dengan Siba. Yohana melaksanakan apa yang disarankan oleh Jurnal ilmiah Pedagogik dengan mengikutsertakan  4 orang anak mengunjungi rumah orangtua dari Siba.

Setibanya di rumah orangtua Siba,  lanjut Yohana, orang yang dicari sedang berada di kebun. Yohana menyuruh dua orang siswa ke kebun untuk mencari Siba dan berhasil mengajak Siba pulang  ke rumah.

Yohana menambahkan saat diajak untuk masuk sekolah keeesokan harinya Siba mau masuk sekolah. “Kami bergembira karena Siba mau masuk sekolah,” ujar Yohana.

Mengulangi saran dari Jurnal Ilmiah Pedagogik, Yohana memberikan tugas kepada Siba sebagai bendahara kelas.  Kendati tak mengelola dana namun jabatan tersebut menurut Yohana memberikan rasa percaya diri kepada Siba untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hingga menamatkan pendidikan dasar pada SDK Boba Menge,  “Ternyata teori numerologi yang menjadi basis dasar pemetaan karakter manusia memberikan dampak positif bagi setiap manusia,” ujar Yohana memberikan keyakinan.** Jipek/ Philipus

 Lensa Bu guru

Mencari siswa yang tak masuk sekolah

Siswa kelas VI SDK Boba Menge tiba di rumah Siba
Anak- anak desa pasti bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *